Dosen dan Mahasiswa Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis melaksanakan pengabdian masyarakat di SDN Jompo Kulon

Rabu (07/02/2024) Dosen dan Mahasiswa Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis melaksanakan pengabdian masyarakat di SDN Jompo Kulon dengan judul Pengabdian Masyarakat Melalui Penyuluhan PHBS Dengan Pemeriksaan Kecacingan Pada Siswa SDN Jompo Kulon dengan target audiens siswa/siswi kelas 6 SDN Jompo Kulon dalam peningkatan PHBS di sekolah dan pencegahan penyakit kecacingan. PHBS ini penting disosialisasikan dikarenakan anak-anak khususnya terkadang lalai untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :

  1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
  2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
  3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
  4. Olahraga yang teratur dan terukur
  5. Memberantas jentik nyamuk
  6. Tidak merokok di sekolah
  7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan

Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 22 siswa/siswi dengan sebelumnya mengumpulkan sampel feses dari peserta. Sampel feses yang terkumpul kemudian dilakukan pemeriksaan cacing. Hasil pemeriksaan dari sampel peserta membuktikan tidak adanya cacing dalam sampel feses.

 

 

Leave A Comment